Minggu, 18 November 2012

Review Buku: Tuhan. izinkan aku menjadi pelacur!


Memang sebuah judul novel yang mencengangkan dan dapat menimbulkan berbagai macam kontroversi hanya dari judulnya saja. Menurut gw, ini adalah tipikal buku yang berani dan tajam dalam memberikan kritikan pada sebuah kata 'Muslimah'.

Sumber: google.com
Mungkin bisa dibilang terlambat gw baru menulis review tentang buku ini. Tapi, dengan antusiasme tinggi, gw pengen menuliskan review buku ini dari sudut pandang gw.

Muhidin M. Dahlan atau dikenal sebagai Gus Muh adalah seorang penulis yang luar biasa berani dalam mencoretkan kata-kata yang lugas dan tegas mengenai fenomena beragama. Baik dari sudut pandang aktivis umum ataupun aktivis yang berlabelkan dakwah. Buku ini merupakan salah satu buah karyanya yang pertama gw baca, dan berhasil membuat otak gw berputar balik berfikir tentang realita yang kental dirasakan dalam buku ini.

Diceritakan seorang aktivis perempuan, seorang muslimah yang baru diperkenalkan tentang Islam garis keras. Dia masuk dengan total ke dalam organisasi tersebut, dan dia merasakan banyak hal yang 'tidak beres' dalam organisasi tersebut. Singkat cerita, akhirnya dia memutuskan untuk menjadi pembelot, dan mulai mengenal dunia 'sex' dan pelacuran. Berhubungan dengan berbagai macam lelaki dari berbagai macam kalangan. Ada aktivis dari organisasi eksternal kampus, bahkan dia pun berhubungan 'badan' dengan seorang dosen. 

Buku ini sangat luar biasa menurut gw. Selain gaya bahasanya yang lugas, tegas, juga Gus Muh mampu menggabungkan antara realita, dan dunia fiksi yang mampu memabukkan pembacanya. Pembaca pun dipaksa untuk berfikir keras tentang hal tabu yang jarang dimunculkan dalam realita tentang dunia kemuslimahan. Sang pemeran utama pun sukses memunculkan karakter yang cerdas, kritis, berani, dan mengembangkan baik sisi kewanitaannya, kemanusiaannya, maupun sisi 'binatang'nya manusia.

Bagi pembaca yang siap untuk merasakan kenyataan-kenyataan yang beda dalam dunia aktivis, silakan membaca buku yang gw rekomendasikan ini..!
Judul: Review Buku: Tuhan. izinkan aku menjadi pelacur!; Ditulis oleh mezzojecka; Rating Blog: 5 dari 5