Senin, 19 November 2012

Review Buku: Wisdom of Gontor


Berbagai macam buku sudah diterbitkan yang menceritakan tentang suatu ormas ataupun organisasi. Salah satu buku yang menarik perhatian gw adalah buku: Wisdom of Gontor karangan dari Tasirun Sulaiman yang diterbitkan oleh Mizan pada tahun 2009.

Sumber: google.com
Buku ini menceritakan sejarah dari Gontor yang berhubungan dengan perkembangan Islam di Indonesia. Bahasanya cukup dimengerti meski dengan banyaknya istilah Jawa yang sangat kental. Banyak pesan moral dan juga nilai-nilai kearifan yang diajarkan oleh Pondok Pesantren Gontor, di Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur.

Banyaknya tokoh-tokoh yang me-review buku ini membuktikan bahwa memang Ponpes Gontor adalah salah satu ponpes yang berhasil menghasilkan tokoh-tokoh yang berpengaruh dalam berbagai bidang, diantaranya adalah Hidayat Nur Wahid, Emha Ainun Nadjib, Abu Bakar Baasyir, Ahmad Fuadi, dan lain sebagainya. 

Buku ini terlihat sebagai sebuah 'promosi' akan ponpes Gontor, namun bukan itu yang gw garis bawahi, tetapi banyaknya hikmah dan nilai-nilai perjuangan yang dilakukan ponpes ini demi perkembangan nilai Agama Islam di Indonesia, dan itu patut diacungi jempol. Silakan dibeli dan dibaca bukunya!


Judul: Review Buku: Wisdom of Gontor; Ditulis oleh mezzojecka; Rating Blog: 5 dari 5